Pentingnya kaca spion di sepeda motor

image

Pentingnya kesadaran menggunakan kaca spion pada sepeda motor adalah mutlak bagi setiap pengendara motor. Terlebih, saat ini karakter pengguna jalan makin bermacam-macam. Ada yang teliti, ada yang sembrono, dan ada juga yang emosional. Maka jangan heran jika angka kecelakaan lalu lintas saat ini cukup memprihatinkan.

Perlu diketahui bahwa fungsi utama kaca spion adalah untuk membantu memastikan kondisi aman ketika kita hendak berbelok atau menyusul kendaraan lain. Ini maksudnya, kaca spion bisa membantu Anda memastikan bahwa tidak ada objek bergerak dari arah belakang yang bisa menimbulkan benturan.

Sebagai pengguna kendaraan roda dua, kita mesti ingat bahwa blind spot (titik buta) tidak ada terjadi pada mobil melainkan juga pada motor. Oleh sebab itu, kehadiran kaca spion sangat diperlukan untuk meng-cover titik buta/blind spot tersebut.

Tapi seiring perkembangannya, kaca spion kini makin banyak variasinya. Maka seringkali kaca spion saat ini sering hanya menjadi sebatas penghias/aksesori untuk mempercantik tampilan motor. Atau bahkan kaca spion saat ini juga sering hanya sebagai formalitas supaya tidak ditilang oleh Pak Polisi, sehingga cara pemasangan atau ukurannya pun tidak sesuai dengan aturan.

Memang, berdasarkan Undang-Undang No. 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 ayat 1, pengendara akan ditilang atau didenda sebesar Rp 250 ribu jika kendaraannya tidak dilengkapi dengan kaca spion. Tapi alangkah baiknya, sebagai smart rider yang patuh hukum dan sadar akan keselamatan berkendara, kita tidak menggunakan undang-undang tersebut sebagai alasan menggunakan kaca spion.

Selain itu, bicara soal ukuran kaca spion saat ini memang sangat bervariasi. Tapi, besar kecilnya kaca spion sangat mempengaruhi daya pandang kita saat berada di atas motor lho. Idealnya adalah Anda tetap menggunakan kaca spion yang dikeluarkan oleh pabrikan motor. Jangan main asal ganti spion, sebelum mempertimbangkan daya pandang Anda saat berkendara.

Nah, jika Anda salah satu bikers yang hingga saat ini belum melengkapi motor dengan kaca spion, sebaiknya langsung pasang setelah membaca artikel ini. Kaca Spion punya peran penting dalam memperkecil potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. So, keep safety riding guys.

(mpm-motor)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s