Metik 125cc sekarang ini referensinya ke Vario 125 kah?

image

Setelah membaca tmcblog.com mengenai rencana peluncuran metik Yamaha berblue-core 125cc, ada sedikit serpihan ide untuk bahasan judul diatas yaitu mengenai kiblat metik 125cc sekarang ini.

Yang bikeaddict14 lihat secara subyektif tentunya karena tidak pakai data penjualan atau survey – metik 125cc itu sepertinya secara standar disain dan teknologi berkiblat ke model seri Honda Vario 125cc yang berlimpah teknologi seperti mesin yang minim gesekan (eSP), ACG yang membuat starter jadi halus (terasa canggih sekali seperti menyalakan barang elektronik) serta ISS yang berfungsi untuk penghematan bahan bakar serta mengurangi mesin berputar (total cycle hours). Juga teknologi CBS untuk pengereman.
Mungkin ke depan fitur lampu utama dari LED juga akan mulai disematkan untuk menghemat arus pemakaian listrik (aki), yang sisa arusnya bisa digunakan untuk kebutuhan asesoris atau teknologi tambahan lain yg akan mungkin ada.

image

Kekurangan Vario125 ini yang dirasakan dari sisi Ergonomi yang simpelnya terasa tinggi saat mengendarai dan posisi stang yang sejajar perut. Dengan kata lain terasa tegak. Juga posisi duduk terhadap dek penyimpanan barang/laci yang dekat. Kekurangan lainnya adalah masih mengaplikasikan single side shock breaker alias sebelah yang membuat rasa berkendara kurang ajeg/balance dan bebannya diserap tidak simetris untuk bagian belakang. Efeknya bisa membuat sakit pinggang sebelah (kanan) karena sebelah badan tidak tertopang langsung. Serta jok yang terasa keras dan licin.

Nah opini bikeaddict14 untuk Yamaha metik selanjutnya selain untuk menggempur metik entry-level Honda BeAT, ada baiknya juga dijejalkan disain yang melampaui Honda Vario 125cc. Bentuk dan teknologinya seperti apa saja yang bisa diterapkan? Yang sederhana ya ikuti disain dan teknologi dari Honda Vario 125/PCX, tentu saja dengan menambahkan kelebihan seperti sisi ergonomi lebih baik dan shockbreaker belakang ganda. Yang lebih nampol ya ikuti disain PCX.

Tapi sepertinya Yamaha ingin menyasar ke pasar metik entry-level yang dalam hal ini menyaingi Honda BeAT.

Hanya opini dari blogger “apa atuh aku teh” 🙂

Link dibawah dari tmcblog.com mengenai rencana peluncuran metik Yamaha 125cc yang disainnya sudah dites dijalan:
http://tmcblog.com/2014/09/11/dua-analisa-skenario-strategi-update-produk-yamaha-di-segmen-skutik-sebuah-opini/

Advertisements

10 thoughts on “Metik 125cc sekarang ini referensinya ke Vario 125 kah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s