Peugeot 2008 DKR calon penakluk Reli Dakar

image

Peugeot 2008 DKR merupakan andalan tim Peugeot-Total di reli Dakar 2015. Monster asal Prancis ini akan melawan brigade mobil 4×4 dengan hanya memakai gerak 2 roda.

“Ketika turun di reli lintas negara, pertanyaan terbesar adalah memakai mobil penggerak 4 roda atau dua roda? Kami memutuskan memakai yang terakhir karena sejumlah keunggulan,” jelas Bruno Famin, Direktur Peugeot Motorsport.

Kelebihan pertama, dalam regulasi Reli Dakar mobil 4×2 boleh memiliki bobot yang lebih ringan dibanding mobil 4×4. Kedua, dalam aturan itu disebutkan mobil penggerak dua roda boleh memakai ban dengan ukuran lebih besar yang sangat berguna melibas berbagai “jebakan jalan” sepanjang reli.

“Yang paling utama, regulasi tersebut membolehkan kami meminimalisir overhang depan. Ini membuat 2008 DKR mampu mendaki dinding vertikal. Bukan cuma itu, travel suspensi mobil 4×2 boleh mencapai 460 mm yang akan memperkuat kemampuan mobil melintasi gurun pasir atau medan tak rata,” bisik Technical Project Manager Jean-Christophe Pallier.

Untuk mendukung kelebihan ini Peugeot 2008 DKR akan memakai mesin kompak yang bertenaga. Pilihan jatuh pada dapur pacu diesel dengan turbo ganda yang mampu menghasilkan tenaga 340 dk. Bila Pug 2008 DKR menjadi duara, maka ia akan mencetak sejarah sebagai mobil penggerak 2 roda bermesin diesel yang menjuarai Reli Dakar.

(Autobild Indonesia)

Leave a comment