Skyactiv pada Mazda2 terbaru, apa sajakah?

image

Tokachi – All New Mazda2 mengalami ubahan total dibanding generasi sebelumnya. Urusan desain saja sudah lebih keren. Jika dicermati lebih lanjut, mirip dengan kedua kakaknya Mazda6 dan CX-5 yang sudah lebih dulu dipasarkan di Tanah Air. Nah, bukan hanya tampangnya saja yang mirip. Mesin yang dibenamkan ke Mazda2 anyar ini juga mengusung teknologi Skyactiv.

Model yang disiapkan untuk pasar Indonesia dibekali mesin bensin 1.500 cc dengan teknologi  Skyactiv-G. Kelebihan yang ditawarkan dibanding generasi sebelumnya adalah konsumsi bensin lebih irit, emisi CO2 lebih rendah dan torsi bawah menengah lebih besar. Apa saja kunciannya?

image

Berikut bedanya, ada enam jurus Skyactiv yang dibenamkan, seperti dijelaskan deputy program manager powertrain development division Mazda Motor Corporation, Koichi Shinbata saat mengupas lebih dalam All New Mazda2 yang akan hadir di Indonesia pada kuartal 4 tahun 2014 ini.

Jurus pertama, pakai rasio kompresi sangat tinggi, “Untuk Indonesia dengan bensin minimal RON 91 pakai rasio kompresi 13:1,” terangnya.

Jurus kedua, pakai exhaust manifold atau saluran gas buang spesial dengan konfigurasi 4-2-1.
Jurus ketiga mesin ini dibekali piston cavity. Torak model ini punya desain khusus, tepatnya piston jenong dengan lubang di tengahnya untuk mencegah detonasi.

Lanjut jurus keempat pakai injektor multi-hole yang langsung diarahkan ke ruang bakar. Yap, mesin ini sudah aplikasi sistem direct injection yang butuh injektor khusus semacam itu.

Kelima, dapur pacu All New Mazda2 sudah menerapkan mekanisme katup masuk electric intake sequential valve timing pada kepala silindernya. 
Lalu dipadu jurus keenam pada katup buang berupa hydraulic exhaust sequential valve timing dengan pengurangan gesekan. (mobil.otomotifnet.com)

Advertisements

13 thoughts on “Skyactiv pada Mazda2 terbaru, apa sajakah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s