Mudik naik sepeda motor paling berisiko celaka

image

Bulan Ramadhan sudah berlangsung beberapa hari, artinya musim pulang kampung atau mudik menjelang Lebaran sudah tinggal hitungan hari. Nah, bagi Anda yang tahun ini berniat mengendarai sepeda motor untuk pulang kampung, hati-hati!

Edo Rusiyanto, Ketua Umum Road Safety Association (RSA) menjelaskan, pemudik sepeda motor punya risiko lebih besar dibandingkan pengguna mobil pribadi atau angkutan umum. Pada musim mudik Lebaran 2013, tingkat keterlibatan sepeda motor pada kecelakaan mencapai 71 persen. 

“Artinya, dari total kendaraan yang terlibat kecelakaan, si kuda besi masih yang paling dominan,” jelas Edo kepada KompasOtomotif, akhir (4/7/2014).

Data Korlantas Mabes Polri 2013 menyebutkan rasio potensi kecelakaan dalam 10.000 unit sepeda motor, 25 unit di antaranya mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan. Jumlah ini memang mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya dengan rasio 10.000 unit berbanding 47 unit.

1 juta unit
Tahun lalu, lanjut Edo, diperkirakan setidaknya ada 1 juta unit sepeda motor yang dikendarai pemudik pulang kampung. Maka jika melihat rasio yang ada, artinya, tingkat kecelakaan fatal pengguna sepeda motor masih cukup tinggi.

“Tahun lalu 43 persen dari total korban jiwa kecelakaan adalah pengendara sepeda motor. Dalam rentang 16 hari musim mudik dan balik Lebaran (2013), rata-rata 21 pengendara meninggal di jalan raya per hari, miris!” tutup Edo.

(KompasOtomotif)

Advertisements

One thought on “Mudik naik sepeda motor paling berisiko celaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s